Thursday, February 6, 2020

MEDIA BIOFLOK IKAN NILA

Media apa saja yang di butuhkan untuk memulai budidaya nila bioflok

1. Kolam Ikan
Jenis kolam ikan menurut saya ada beberapa antara lain dari terpal dan semen. Tapi jangan kolam tanah, karena jenis kolam ini tidak bisa buat bioflok ikan waktu di beri oksigen tanah yang ada dibawah kena oksigen akan naik ke atas dan membuat air jadi keruh. Kolam terpal bundar ataupun kotak jenis ini banyak di gunakan saat ini selain murah dan pasangnya juga cepat. Tapi kekurangannya dari kolam terpal rawan bocor, hanya bisa di pakai 1-2 tahun tanpa atap, kalau pakai atap bisa bertahan 3 tahun lebih. Menurut saya lebih suka kolam terpal bundar waktu di beri tekanan aerasi bisa seluruh kolam merata terkena aerasi. Kolam dari semen atau kolam beton biasanya bentuknya kotak, keuntungannya kuat tahan lama bisa sampai 10 tahun lebih asal cara bikinnya benar. Kekurangannya biaya bikin kolam mahal, sekali bikin bisa jutaan bahkan puluhan juta tergantung ukuran kolam. Menurut saya semua kolam ikan bisa digunakan sistem bioflok (kecuali kolam tanah) mau bundar ataupun kotak, asal jangan terjadi kebocoran, sistem bioflok butuh kolam yang airnya stabil biar hemat air dan ekosistem yang ada di kolam terjaga baik.
Kolam Terpal Bundar

2. Mesin Pompa Udara
Pompa udara salah satu komponen penting menurut saya, selain harganya juga mahal. Beberapa jenis pompa udara yang saya rekomendasikan : 
Blower suatu mesin atau alat yang digunakan untuk menaikkan memperbesar tekanan udara yang di alirkan ke dalam suatu ruangan tertentu. Dalam budidaya ikan, blower seperti di gambar bawah ini sering di gunakan
Blower Udara
kemampuan untuk mengaerasi bisa sampai kedalaman 1 meter lebih tapi semakin dalam kolam kemampuan untuk mengaerasi berkurang, untuk ukuran blower tergantung luas kolam yang digunakan. Adapun merk bisa dicari di toko toko yang menyediakan kebutuhan kolam ikan, tapi kemampuan menghasilkan udara tiap merk bisa berbeda beda tergantung kualitas dari produk tersebut bisa dikatakan ada kualitas ada barang. 
Supercharger kalau yang ini sebenarnya komponen yang ada di mobil. Tapi bisa dimodifikasi jadi mesin pompa udara, sayapun menggunakannya dan kemampuan bisa buat beberapa kolam sekaligus tergantung ukuran dinamo motor yang digunakan kalau jenis seperti punya saya disarankan maximal bisa di gunakan sampai dinamo motor ukuran 1 hp. Dalam membeli supercharger bekas anda diharapkan memperhatikan kondisi barangnya mulai dari mesin tidak ada kebocoran oli, kemampuan untuk menghasilkan udara dalam kondisi bagus. Kenapa saya sarankan mengecek barang terlebih dulu soalnya supercharger ini tidak tersedia spare partnya, saya sudah coba browsing cari spare part tapi belum ketemu sampai sekarang, mungkin kalau anda tinggal di kota besar bisa jadi ada spare partnya. Biasanya kota besar lebih tersedia komplit barang yang dicari daripada daerah yang masih terbatas soal kebutuhan barang. Jika anda tertarik dengan blower yang saya rakit bisa tanya di comment yang tersedia di blog ini.
Supercharger 

3. Timer
Komponen listrik yang berfungsi mengatur waktu, kenapa saya sarankan. Dalam satu hari maximal kerja mesin udara harus mati 1 jam, biar mesin tidak dipaksa kerjanya dan untuk mengurangi tingkat keausan komponen mesin biar lebih awet. kalaupun mesin udara mati dibawa 1 jam ikan sama bakteri masih bisa bertahan hidup (menurut penelitian Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Sukabumi)
Timer Rangkaian

4. Batu Aerasi
Batu aerasi sebaiknya bisa menghasilkan gelembung udara yang lembut dan banyak semakin banyak gelembung yang dihasilkan semakin baik kualitas batu aerasi tersebut. Dalam sistem bioflok udara yang masuk ke batu aerasi berfungsi untuk mengaduk air dalam kolam yang bertujuan untuk memberikan oksigen pada ikan dan bakteri. Untuk membersihkan batu aerasi gunakan sikat gigi, dalam bioflok harus rajin melihat kondisi batu aerasi jika tersumbat kotoran apa bakteri yang menempel pada batu bisa langsung dibersihkan, jangan sampai tekanan oksigen berkurang gara gara batu aerasi tersumbat yang dapat menyebabkan kematian bakteri dan ikan.
Batu Aerasi











No comments:

Post a Comment

ALAT BANTU BIOFLOK IKAN NILA

Didalam pemantauan perkembangan nila bioflok digunakan beberapa alat untuk memantau kondisi kolam, sehingga kita tahu kekurangan apa aja yan...