Friday, February 7, 2020

BAHAN MEMBUAT BIOFLOK

Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat bioflok

1. Probiotik
Probiotik ada dua jenis bubuk dan cair dan sekarang banyak yang jual hampir tiap daerah bahkan toko online menawarkan probiotik berbagai macam merk disertai kandungan bakteri yang terdapat pada produk tersebut. Probiotik inilah yang menjadi pondasi dalam pembentukan bioflok, jangan salah memilih probiotik. Harga mahal bukan jaminan bagus probiotiknya yang penting kandungan probiotik mengandung beberapa bakteri yang dibutuhkan antara lain Bacillus Subtilis, Meganterium, Pumilus, Lichenformis. Dalam perjalanan budidaya bioflok tidak menutup kemungkinan tumbuh bakteri lain dalam kolam budidaya.
Probiotik Bubuk

2. Molase (Tetes Tebu)
Biasanya molase digunakan untuk pakan ternak, tapi molase untuk budidaya sistem bioflok. Molase berasal dari limbah tebu, ciri molase yang baik beraroma harum manis khas gula pasir, kalau dirasakan rasanya relatif manis, tapi hati hati dalam membeli molase beberapa produsen nakal mencampur molase dengan bahan lain untuk mendapatkan untung yang besar. Molase dalam bioflok sebagai makanan dan mensupport pertumbuhan pada bakteri. Molase juga bisa diganti dengan gula pasir tapi dalam penerapan takaran berbeda dalam pemberiannya. Apa yang terjadi jika molase kurang bagus di masukkan pada bioflok ikan, dapat membunuh bakteri dan ikan.
Molase

3. Garam
Garam sering digunakan dalam budidaya ikan, fungsi dari garam mengurangi keasaman air hujan memiliki tingkat keasaman yang tinggi dapat menyebabkan ikan mudah stress, mencegah dan mengendalikan jamur dan bakteri pada kolam ikan. Fungsi lain dari garam mencegah ikan keracunan amoniak, garam yang dipakai jenis garam grasak yang mengandung NaCL saja. Biasanya yang jual garam grasak ada di pasar tradisional, garam pada budidaya bioflok digunakan pada persiapan awal media selanjutnya hanya bersifat optional tergantung bioflok yang kita kelola.
Garam Grasak

4. Kapur dolomit
Fungsi kapur dolomit dalam budidaya ikan bioflok menetralkan keasaman air dan menaikkan alkanitas serta meningkatkan PH, juga memunculkan unsur hara yang dibutuhkan dalam media penyiapan bioflok. Gunakan kapur dolomit yang bagus jika kapur masih berupa campuran butiran kasar dan butiran halus sebaiknya disaring diambil yang halus dan dilarutkan dengan air ditaruh dalam wadah diaduk biar tercampur lalu tuangkan dalam kolam penyiapan bioflok.
Kapur Dolomit








No comments:

Post a Comment

ALAT BANTU BIOFLOK IKAN NILA

Didalam pemantauan perkembangan nila bioflok digunakan beberapa alat untuk memantau kondisi kolam, sehingga kita tahu kekurangan apa aja yan...