Thursday, February 6, 2020

AWAL MULA MENGENAL BIOFLOK IKAN NILA

Sebelum mengenal sistem bioflok ikan nila saya seorang penyuka ikan terutama ikan koi, tapi tidak begitu paham jenis ikan koi hanya paham sedikit soalnya banyak berbagai macam jenis ikan koi, yang jelas saya suka sama ikan koi karena warnanya bagus dan katanya pembawa hoki. 
Awal mulai tertarik budidaya ikan nila lihat di youtube dengan judul lahan yang sempit bisa panen ikan nila. Saya memiliki sedikit lahan sekitar 135m2 untuk usaha perikanan pasti kurang besar lahannya, para petani ikan bisa memiliki lahan sampai luasnya beberapa hektar. Tapi otak dagang saya udah terbayang profit besar 😃 dengan lahan yang saya miliki. Dan langsung saja saya membuat kolam ikan nila dari terpal dengan ukuran diameter 3m sebanyak 2 buah dan saya isi perkolam 1000 ekor dengan harapan bisa panen banyak dan saya pakai sistem sirkulasi dengan filter menggunakan drum 300 liter sebanyak 3 buah sama sistem sirkulasi sama kayak ikan koi yang saya pelihara yang airnya jernih. Dengan sistem sirkulasi harapan saya bisa tumbuh cepat dan bisa panen cepat ternyata hasilnya tidak sesuai dengan harapan yang terlalu memikirkan profit banyak. Tiap hari ada ikan yang mati trus tiap beberapa hari bersihin filter air yang kotor banget harinya juga ga bisa jernih, pokoknya bisa dikatakan gagal.
Harapan akan profit besar dalam otak saya mulai perlahan memudar dan mulai muncul bayangan kegagalan dan kerugian serta semangat budidaya ikan nila mulai luntur. Saat semangat mulai hilang saya mulai mencoba melakukan surfing di google sama lihat youtube tentang sistem budidaya ikan nila, dari semua yang saya baca ataupun saya lihat di youtube di dapatkan sebuah sistem budidaya ikan nila sistem bioflok yang menurut saya paling efisien baik dari segi memberi pakan maupun ganti air. Secara umum fungsi bioflok artinya mengolah kotoran ikan yang dibantu oleh bakteri menjadi air tidak berbau, sebagian diolah menjadi makanan ikan lagi (itu kesimpulan yang saya baca tentang beberapa artikel tentang bioflok). Maaf kalau pengertian tentang bioflok salah, maklum masih baru di dunia ikan bioflok. Keuntungan sistem bioflok menurut saya hemat pakan dan minim pergantian air kolam.

No comments:

Post a Comment

ALAT BANTU BIOFLOK IKAN NILA

Didalam pemantauan perkembangan nila bioflok digunakan beberapa alat untuk memantau kondisi kolam, sehingga kita tahu kekurangan apa aja yan...